Senin, 24 Juni 2024

Persiapan MPASI yang Minim Drama


Ketika ade maau 6 bulan dan  masuk  masa MPASI sebagai new mom memang sedikit warning. Pengalaman pertama juga sih hehe ngurus anak karena ini  anak pertama. Namun sejak awal nikah aku udah punya komitmen kelak punya anak harus  siap lahir dan bathin.  MPASI adalah jenis makanan yang akan kita berikan pada bayi untuk melengkapi nutrissi yang belum bayi dapat kan  sebelum memasuki usia 1 tahun. Boleh kita sebut MPASI adalah proses adaptasi bayi mengenal berbagai tekstur makanan. 

Alhamdullilah masa MPASI bisa berjalan 87%  suai rencana. Disclaimer ya setiap orrang pasti beda -beda kondisinya ketika mau MPASI . Tidak bisa disamaratakan satu sama lain. Dibawah ini beberapa persiapan yang aku lakukan sebelum memasuki Masa MPASI supaya minim dram  :

1.     Hal pertama yang Saya lakukan adalah Selalu berserah sama yang menitipkan amanah , maksudnya ketika memulai apapun kita harus utamakan berserah kepada yang Maha Kuasa agar dilancarkan segala hal nya. Minta segala hal yang baik - baik , sehat bayi dan ibunya. 

2.     Konsultasi sama bidan atau mungkin dokter anak. Sebetulnya ini kembali sama si ibu ya terkait konsultasi.  Kalau aku pribadi perlu bangeut konsultasi setidaknya ada rules yang jadi patokan ketika MpAsi. Setelah nya kita mungkin improve sendiri disesuaikan dengan kondisi at the time.

3.     Nyiapin pernak pernik MPASI  ini juga penting menurut aku. Setelah searching -searching  apa aja yang dibutuhkan  ku langsung pergi ke dapur  dan list apa aja yang ada. Kalau kebetulan ada yang kurang aku memutuskan beli seperlunya. Kembali ke prinsip ekonomi lihat fungsi nya kalau mau beli barang. Jadi engga ngoyo juga harus yang laagi trend yang ada dulu pakai , kalau  kurang baru deh kita membelinya.

4.     Buat meal plan  MPASI  beuh ini membantu bangeut buat aku. Walaupun belum saat nya tapi biar ga blank aja pas nanti MPASI. Liat-liat menu di Buku KIA juga salah satunya. Intinya biar pas nanti buat menu MPASI nya tuh banyak varian nya. Tujuanya kita mengenalkan rasa , dan biar tidak bosen juga.

5.   Jangan berkspetasi berlebih , ya tetep harus enjoy the show. Kalau  tidak sesuai rencana tetap  calm down.

6.     Aku suka afirmasi ade bayi , " ade nanti mamamnya yang segut ya biar ade sehat , tumbuh dengan baik dan bahagia " . Biar ada chemistry aja gitu pas nanti ngasih MPASI nya. 

Ini mah versi aku soal persiapan MPASI, dan  Alhamdulillah nya jadi minim drama. Jujurli aku sebagai ibu baru memang banyak ekplore by myself. Ya tentang MPASI ini juga aku coba di prepare se baik mungkin agar supaya kita nya siap , enjoy dan goals nya anak kita happi pas MPAsI nya. 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengalaman Bayar Pajak di Samsat Digital Leuwi Panjang

Ga sampai 5 menit sih bayar pajak di Samsat Digital Leuwi Panjang Bandung. Jadi beberapa hari yang lalu saya perpanjang Surat Tanda Nomor Ke...