Jumat, 30 Agustus 2024

Pengalaman Bayar Pajak di Samsat Digital Leuwi Panjang



Ga sampai 5 menit sih bayar pajak di Samsat Digital Leuwi Panjang Bandung. Jadi beberapa hari yang lalu saya perpanjang Surat Tanda Nomor Kendaraan. Sudah telat beberapa hari , dikarenakan satu dan lain hal. Dari pertama punya motor , setiap pembayaran pajak selalu sendiri jaranng pakai jasa. Alasannya biar tahu aja sih , dan lagian juga wujud tanggung jawab sebagai wajib pajak terhadap kepemilikan motor. Biar engga di tilang hehe 
Aplikasi Signal

Sebetulnnya bisa aja bayar online , melalui aplikasi SIGNAL ( Samsat Digital Nasional ) cuma aku belum install  aplikasi nya . Kebetulan rumah ku dekat terminal Leuwi Panjang , jadi ingin tahu juga. Jadi intinyaa aku maau share pengalaman nya yaa beb. 

Fyi samsat yang di Leuwi Panjang itu diresmikan oleh Bapak Gubernur Ridwan Kamil tahun 2023. Ada di lantai  dua , tempatnya cukup  luas, bersih dan nyaman tentunya. Tempat tunggu customer juga  luas dan ada playground mini , ada coffee corner juga. Jadi kalau bawa anak bisa nunggu antrian maim-main dulu di playground. Petugas juga dengan ramah mempersilahkan kalau mau ngopi juga boleh. By the way antrian juga tidak lama karena sat set bangeut lah.

 Di depan pintu masuk juga sudah ada petugas yang mengarahkan untuk cek terlebih dahulu ke mesin cek kepemillikan motor atas nama siapa. nama mesinn nya adalah Imin. 
Mesin Imin

Setelah itu kita mulai melakukan pembayaran yang bisa dilakukan oleh sendiri. 

Aku  coba bantu jelasin ya , sistem pembayaran pajak disana : 

  1. Bawa Persyaratan Pembayaran ( KTP pemillik asli yang sudah tergistrasi, STNK Motor , alat bayar no tunai QRIS atau ATM ) kalau pun belum teregistrasi nanti petugas disana akan membantu meregistrasi kan ( KTP pemilik 
  2. Menghadap ke petugas pelayanan disana dan konnfirmasi tujuan pembayaran ( Perpanjangan STNK Tahunan , Pembayaran PKB dann SWDKLLJ )  
  3. Proses pembayaran yang bisa di lakukan sendiri
  4. Tempelkan KTP ke alat scan kemudian akan muncul tuh data kita ddan rician pembayaran
  5. Cashless ya jadi hanya bisa pembayaran via online ( Qris) 
  6. Pembayaran beres , kemudian nanti ada balasan via WA yang terintegrasi dan email berbentuk soft file PDF

Namanya juga proses ada kelebihan dan ada kekurangan beberapa kelebihan ketika bayar pajak digital di Leuwi panjang sebagai bereikut : 

  • Meringakan bebanku karena tidak makan waktu yang lama. Sambil bawa anak pun jadi karena disini ada playground mini didalamnya 
  • Service nya rate di 95% opini ku ( petugasnya sigap ready membantu)
  • prasarana bagus bangeut ( tempat tunggu nya nyaman ) 
Kekurangannyapun ada tapi dalam batas standar seperti :
  • Tidak menyediakan prin out STNK hanya konfirm soft file saja 
  • Tidak bisa tunai otomatis pengguna harus punya minimal QRIS untuk pembayaran\


Minggu, 18 Agustus 2024

Talkshow Seru Di Event 4th Aniversary Edelweis Hospital, Health Festival dengan Tema Sudah Optimalkah Tumbuh Kembang Kita "

Happy aniversary yang ke 4 untuk Edelweis Hospital semoga selalu menjadi yang terdepan. Terhitung tanggal 14 sampai tanggal 18 Agustus kemarin. Lihat di media sosial acaranya seru- seru juga. Boleh kepoin juga media sosialnya di instagram  dan Youtube nya @edelweisshospital. 



Sebelum acara mulai aku sempat mampir ke beberapa booth , salah satunya booth untuk pengecekan tensi darah dan gula, Ada booth untuk mother and children juga ( bisa konsul tasi gigi anak juga ) .  Kemudian ada booth untuk pengecekan kolesterol dan asam urat.  Ini free lho ya jadi tanpa ragu aku mengantri untuk tes. Alhamdulillah tensi aku di 111/70 daan gula aku di 77 ( gla darah normal 70 - 130 miligraam/desiliter ). Ada booth untuk mother and children juga ( bisa konsul tasi gigi anak juga ). 

Tanggal 17 kemarin saya datang ke event nya edelweis Health Festival . Ramai karena kebetulam ada di Atrium Trans Studio Mall. Datang di sore hari hari karena ini join di Talkshow parenting yang bertajuk " Sudah optimalkah tumbuh kembang anak kita ?" . Dari judul nya sudaj buat saya pribadi tertarik. Secara saya sebagai new mom sangat membutuhkan sekali pengetahun mengenai tumbuh kembang anak. Akan ada 1 moderator kece dan 2  Narasumber yang expert di bidang nya. Yang menjadi moderator adalah  Dr. Filla Reviyani Suryaningrat, SpA beliau akan memandu talkshow ini bersama Dr. Faisal, S.pA(K).M.Kes beliau adalah dokter spesialis anak dan konsultan endokrin. Narasumber lain nya adalah kang Ikhsanun Kamil Pramata S.Ked  beserta Istrinya Teh Foezi Citra Cuaca Elmart, Am.KeB. Family influencer yang mana sudah menerbitkan banyak buku yang bertema pernikahan , keluarga dan anak.  

Tema Talkshow kali ini " Sudah optimalkah tumbuh kembang anak kita ?" Opening dibuka oleh moderator  Dr. Filla beliau membuka forum dengan bertanya apa sih bedanya tumbuh dan kembang anak , dan itu pun direspon oleh para penonton yang notabene nya para mom. Ada yang menjawab bahwa tumbuh adalah kalau tumbuh itu berhubungan dengan perubahan fisik seperti tinggi , beeat badan , lingkar kepala sedangkan kembang lebih ke kemapuan atau skill

Penjelasan dari ahlinya yaitu Dr. Faisal, S.pA(K).M.Kes  mengenai tumbuh kembang itu memang berbeda. Tumbuh pada anak adalah adanya perubahan secara fisik yang terukut secara subjektip contoh tinggi badan , lingkar kepala dan berat bada. Indikator tumbuh anak bisa di lihat dari tinggi badan. Tinggi badan itu  bersifat statis tidak akan berubah dalam jangka waktu yang cepat. Sedangkan kembang berhubungan dengan kemampuan stimulasi pada anak. Poin utamanya itu , setiap anak mengalami fase pertumbuhan dan perkembangan sejak dari masa kandungan sampai fase menjadi seorang anak. Sebagai orang tua kita memang bertanggung  jawab akan tumbuh kembang anak kita. Ada 4 faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak : 

  • Pemberian Nutrisi yang seimbang : sebagai orang tua kita harus perhatikan asupan nutrisi untuk anak kita. Bagaimana kandungan gizi nya. Sedari dalam kandungan pun kita sudah di intruksikan nutrisi apa yang harus dikonsumsi ibu hamil. Seperti asam folat , kalsium , vitamin c  yang mana dibutuhkan oleh janin. Itu berlanjut sampai lahir anak harus tetap terpenuhi nutrisinya. Protein hewaninya harus ada, protein nabatinya harus ada, karbohidrat, vitamin A, B,C dan D 
  • Faktor Hormon : ada beberapa hormon yang bisa mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak hormon tersebut yaitu ( hormon tiroid , hormon pertumbuhan , fase fubertas sex estogen atau estoteron ) 
  • Lingkungan : Ini secara langsung bisa mempengaruhi tumbuh kembang anak . Sebagai orang tu kit haru pastikan bahwa anak kita berada di lingkingan yang kondusif entah itu lingkungan internal seperti keluarga dan lingkungan external seperti sekolah 
  • Pengasuhan : pengasuhan tidak hanya dari seorang ibu tetapi juga seorang ayah. Ayah da ibu harus memiliki gaya pengasuhan yang baik. Tidak menuntut ideal tetapi harus bisa menjadi partner anak. 

Jelas sekali ya penjelasan dari dari Dr. Faisal, S.pA(K).M.Kes terkait tumbuh kembang anak. Kemudian Dr Filla sebagai moderator memberikan kesempatan kepada yabi Ikhsanun dan budami Foezi terkait penjelasan tumbuh kembang anak.  Budami menjelaskan lebih ke sharing session karena kebetulan beliau sudah memiliki 3 orang anak.  Anak ketiga nya ini sempat menjadi pasien dari dokter Faisal.  Tinggi badan adalah salah satu indikator yang penting ketika pertumbuhan anak . Karena merasa tinggi badan anaknya itu tidak sesuai sampai menyimpulkan tumbuh kembang anaknya lambat. Akhirnya bertemulah dengan Dr. Faisal. Menjelaskan bahwa anak dikatakan terlambat tumbuh dan berkembang itu tidak bisa disimpulakan sembarangan. Harus melalui beberap tes yang nanti hasil akhirnya akan ketahuan. Tes yang harus dilihat pertama genetic. Kita lihat dari genetic orang tuannya apakah ada unsur kesamaan seperti postur tubuh, tinggi badan. Jika ada perbedaan maka harus ada tes lanjutan entaah itu tes hormon dann rangkaian tes lain nya. 

Luar biasa ternyata talkshow kali ini bener-bener kepake bangeut ilmunya. Aku jadi tahu mengenai tumbuh kembang anak. 

Sabtu, 03 Agustus 2024

Bakso Djando Guntursari Ada Di Bandung Nieh


Yang suka bakso merapat yuk, ku mau info penting nih ada Bakso Djando lho sekarang di Bandung namanya Bakso Djando Guntursari berada di Jalan Kh. Ahmad Dahlan no  56 Buah Batu Bandung. Tanggal 2 Agustus kemqrin kemarin baru soft opening acaranya seru bangeut nih liat di medsosnya. Bakso Djando ini pemiliknya bapa Hendrik dan Ibu Linda. Sebelum menyantap hidangan para blogger berbincang sedikit beberapa topik. 

Beberapa blogger pun mengajukan pertanyaan salah satunya mengenai resource bahan yang dipakai untuk bakso , dan langsung dijawab tuh asik bangeut. Berdasarkan infonya untuk pemasok daging sapi di spill tuh dari Java. Pengolahan tetap dilakukan oleh sendiri. Mulai dari racikan bakso , sampai kuah nya. Paling interestnya tuh pas jelasin kuah bakso itu ternyata tulang sumsum yang di lembutkan jadi wangiiiii , kalau tidak percaya nanti mampir kesini ya. Temen-temen bisa lihat penyajian bakso  yang punya konsep open Kitchen. 

Menu di Bakso Djando Guntusari terbilang komplit,  jadi bisa dipilih- pilih sesuai selera. Mungkin ad yang suka yamin asin , yamin manis, mie bakso campur, mie bakso super komplit dan masih banyakk. Dibawah bocoran menu yang ada di Bakso Djanto Guntursari 


Bakso  :  (  Mie Bakso Halus , Mie Bakso Cincang , Mie Bakso urat , Mie Spesial bakso )

Yamin Bakso : (  Yamin Bakso Halus, Yamin Bakso Cincang , Yamin Bakso Urat , Yamin Special Bakso )

Yamin  : (  Yamin Original , Yamin Bakso Ceker , Yamin bakso Babat , Yamin Komplit )

Bakso Toping ( Mie Bakso Cincang Tulang Muda,  Mie Bakso Cincang Tetelan Sapi , Mmie Bakso Cincang Sspecial Toping, Mie Bakso Urat Tulang Muda , Mie Bakso Urat Tetelaan Sapi , Mie Bakso Uratt Special Ttoping )

Yamin Bakso Toping  : Yamin Bakso Cincang Tulang Muda , Yamin Bakso Cincang Tetelan Sapi  , Yamin Bakso Cincang Special Toping, Yamin Bakso Urat  Tulang Muda , Yamin Bakso Urat Tetelan Sapi  , Yamin Bakso Urat Special Toping, 



Minuman  : Teh Tawar, Teh Manis, Lemonn Tea, Lychee  Tea Ice , Chocomilk Ice, Matcha Ice , Berry Lemonade, Ssoda Gembira, Mineral Waater

Extra Topping : Djando , Tetelan Saapi, Ceker Ayam, Babat, Tulang Muda

Othe Menu : Dimsum , Sosis 

Frozen : Bakso Halus , dan Sosis




For your  informattionn kalau temen-temen jajan bakso disini bakalann ngerasain sensasi makan bakso yang 90% nya daging sapi. Jadi enak bangeut ke baksonya, diolah sedemikian rupa hingga rasa bakso nyaa jadi khas bangeut. Belum lagi topping yang menjadi ciri khas disini yaitu Djando. Taulah ya kaalau makanan aada toping djando so pasti jadi gurih nikmat . Menurut pemilik Bakso Djando Guntursari ini sebelum launching itu ada experiment dulu tentunya dan ini makan waktu yang cukup lama. Satu tahun experimen  ini akhirnya membuahkan hasil bahwa produk bakso dan konttingenn lainnya akan mempunyai cita rasa yang berbeda, entah itu baksonya, sosis , dimsum, dan mie nya.

Review jujur dari aku  baksonya itu enak , kenyal , rasa nya itu  enggak too much. Kemarin aku pesen Yamin ( yang manis ) Bakso Cincang Tetelan Sapi.   Beuh ini udah ukuran bikin kenyang perut . Kuah nya itu udah plus jando  nya dong hmm mancap. Makan bakso nya plus  pangsit goreng dan minuman soda gembira. Temen- temen yang lain pilih menu  yang beda biar sharing review dan almost reviewnya high five dan memang enak semuanya. Akan jadi Bakso Djando  satu-satunya di Bandung nieh sepertinya.



Pengalaman Bayar Pajak di Samsat Digital Leuwi Panjang

Ga sampai 5 menit sih bayar pajak di Samsat Digital Leuwi Panjang Bandung. Jadi beberapa hari yang lalu saya perpanjang Surat Tanda Nomor Ke...