Minggu, 18 Agustus 2024

Talkshow Seru Di Event 4th Aniversary Edelweis Hospital, Health Festival dengan Tema Sudah Optimalkah Tumbuh Kembang Kita "

Happy aniversary yang ke 4 untuk Edelweis Hospital semoga selalu menjadi yang terdepan. Terhitung tanggal 14 sampai tanggal 18 Agustus kemarin. Lihat di media sosial acaranya seru- seru juga. Boleh kepoin juga media sosialnya di instagram  dan Youtube nya @edelweisshospital. 



Sebelum acara mulai aku sempat mampir ke beberapa booth , salah satunya booth untuk pengecekan tensi darah dan gula, Ada booth untuk mother and children juga ( bisa konsul tasi gigi anak juga ) .  Kemudian ada booth untuk pengecekan kolesterol dan asam urat.  Ini free lho ya jadi tanpa ragu aku mengantri untuk tes. Alhamdulillah tensi aku di 111/70 daan gula aku di 77 ( gla darah normal 70 - 130 miligraam/desiliter ). Ada booth untuk mother and children juga ( bisa konsul tasi gigi anak juga ). 

Tanggal 17 kemarin saya datang ke event nya edelweis Health Festival . Ramai karena kebetulam ada di Atrium Trans Studio Mall. Datang di sore hari hari karena ini join di Talkshow parenting yang bertajuk " Sudah optimalkah tumbuh kembang anak kita ?" . Dari judul nya sudaj buat saya pribadi tertarik. Secara saya sebagai new mom sangat membutuhkan sekali pengetahun mengenai tumbuh kembang anak. Akan ada 1 moderator kece dan 2  Narasumber yang expert di bidang nya. Yang menjadi moderator adalah  Dr. Filla Reviyani Suryaningrat, SpA beliau akan memandu talkshow ini bersama Dr. Faisal, S.pA(K).M.Kes beliau adalah dokter spesialis anak dan konsultan endokrin. Narasumber lain nya adalah kang Ikhsanun Kamil Pramata S.Ked  beserta Istrinya Teh Foezi Citra Cuaca Elmart, Am.KeB. Family influencer yang mana sudah menerbitkan banyak buku yang bertema pernikahan , keluarga dan anak.  

Tema Talkshow kali ini " Sudah optimalkah tumbuh kembang anak kita ?" Opening dibuka oleh moderator  Dr. Filla beliau membuka forum dengan bertanya apa sih bedanya tumbuh dan kembang anak , dan itu pun direspon oleh para penonton yang notabene nya para mom. Ada yang menjawab bahwa tumbuh adalah kalau tumbuh itu berhubungan dengan perubahan fisik seperti tinggi , beeat badan , lingkar kepala sedangkan kembang lebih ke kemapuan atau skill

Penjelasan dari ahlinya yaitu Dr. Faisal, S.pA(K).M.Kes  mengenai tumbuh kembang itu memang berbeda. Tumbuh pada anak adalah adanya perubahan secara fisik yang terukut secara subjektip contoh tinggi badan , lingkar kepala dan berat bada. Indikator tumbuh anak bisa di lihat dari tinggi badan. Tinggi badan itu  bersifat statis tidak akan berubah dalam jangka waktu yang cepat. Sedangkan kembang berhubungan dengan kemampuan stimulasi pada anak. Poin utamanya itu , setiap anak mengalami fase pertumbuhan dan perkembangan sejak dari masa kandungan sampai fase menjadi seorang anak. Sebagai orang tua kita memang bertanggung  jawab akan tumbuh kembang anak kita. Ada 4 faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak : 

  • Pemberian Nutrisi yang seimbang : sebagai orang tua kita harus perhatikan asupan nutrisi untuk anak kita. Bagaimana kandungan gizi nya. Sedari dalam kandungan pun kita sudah di intruksikan nutrisi apa yang harus dikonsumsi ibu hamil. Seperti asam folat , kalsium , vitamin c  yang mana dibutuhkan oleh janin. Itu berlanjut sampai lahir anak harus tetap terpenuhi nutrisinya. Protein hewaninya harus ada, protein nabatinya harus ada, karbohidrat, vitamin A, B,C dan D 
  • Faktor Hormon : ada beberapa hormon yang bisa mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak hormon tersebut yaitu ( hormon tiroid , hormon pertumbuhan , fase fubertas sex estogen atau estoteron ) 
  • Lingkungan : Ini secara langsung bisa mempengaruhi tumbuh kembang anak . Sebagai orang tu kit haru pastikan bahwa anak kita berada di lingkingan yang kondusif entah itu lingkungan internal seperti keluarga dan lingkungan external seperti sekolah 
  • Pengasuhan : pengasuhan tidak hanya dari seorang ibu tetapi juga seorang ayah. Ayah da ibu harus memiliki gaya pengasuhan yang baik. Tidak menuntut ideal tetapi harus bisa menjadi partner anak. 

Jelas sekali ya penjelasan dari dari Dr. Faisal, S.pA(K).M.Kes terkait tumbuh kembang anak. Kemudian Dr Filla sebagai moderator memberikan kesempatan kepada yabi Ikhsanun dan budami Foezi terkait penjelasan tumbuh kembang anak.  Budami menjelaskan lebih ke sharing session karena kebetulan beliau sudah memiliki 3 orang anak.  Anak ketiga nya ini sempat menjadi pasien dari dokter Faisal.  Tinggi badan adalah salah satu indikator yang penting ketika pertumbuhan anak . Karena merasa tinggi badan anaknya itu tidak sesuai sampai menyimpulkan tumbuh kembang anaknya lambat. Akhirnya bertemulah dengan Dr. Faisal. Menjelaskan bahwa anak dikatakan terlambat tumbuh dan berkembang itu tidak bisa disimpulakan sembarangan. Harus melalui beberap tes yang nanti hasil akhirnya akan ketahuan. Tes yang harus dilihat pertama genetic. Kita lihat dari genetic orang tuannya apakah ada unsur kesamaan seperti postur tubuh, tinggi badan. Jika ada perbedaan maka harus ada tes lanjutan entaah itu tes hormon dann rangkaian tes lain nya. 

Luar biasa ternyata talkshow kali ini bener-bener kepake bangeut ilmunya. Aku jadi tahu mengenai tumbuh kembang anak. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengalaman Bayar Pajak di Samsat Digital Leuwi Panjang

Ga sampai 5 menit sih bayar pajak di Samsat Digital Leuwi Panjang Bandung. Jadi beberapa hari yang lalu saya perpanjang Surat Tanda Nomor Ke...